Logo
Keluh Basah Lele Berulah
Di MotoGP, dua konfigurasi mesin yang sering digunakan adalah inline-4 dan V4. Mesin inline-4 memiliki empat silinder yang sejajar dalam satu baris, sementara mesin V4 memiliki empat silinder yang disusun dalam dua baris membentuk sudut “V”. Masing-masing memiliki kelebihan tersendiri.

Mesin inline-4 biasanya lebih ringan, lebih sederhana dalam desain, dan lebih mudah diatur. Ini juga menawarkan distribusi bobot yang baik dan tenaga yang halus. Namun, ukuran mesin ini bisa membuat motor lebih lebar, sehingga kurang aerodinamis pada kecepatan tinggi.

Di sisi lain, mesin V4 memiliki dimensi yang lebih kompak dan memungkinkan penempatan mesin lebih ke tengah, memberikan distribusi bobot yang lebih baik untuk meningkatkan handling, terutama saat masuk tikungan. Karena desainnya yang lebih kecil dan pusat gravitasi yang lebih rendah, mesin V4 juga memberikan keunggulan dalam aerodinamika dan stabilitas di kecepatan tinggi.

Meski mesin inline-4 masih digunakan oleh beberapa tim, kebanyakan pabrikan MotoGP lebih memilih V4 karena lebih sesuai dengan tuntutan performa tinggi di lintasan MotoGP yang mengutamakan akselerasi, aerodinamika, dan kestabilan.
#motoGP #otomotif #mesin #motor
2 bulan yang lalu

belum ada balasan!

Tampaknya post ini belum mendapat komentar apa pun. Untuk menanggapi publikasi ini dari Keluh Basah Lele Berulah, klik icon di bawah postingan